Belajar dan pembejaran

Dalam presentasi kelompok 1 tentang belajar dan pembelajaran dapat saya simpulkan :
pengertian belajar yaitu proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap yang positif. Kegiatan belajar tersebut memiliki suatu tempat seperti sekolah, museum, dan laboratorium. 
Sedangkan pembelajaran adanya kegiatan mengajar dan belajar yang bersistem(adanya bahan, kurikulum, pengajar nya dan fasilitas pembelajaran).
Peran guru dalam pembelajaran ada 3 yaitu mendidik, mengajar dan melatih. Yang dimaksud dengan mendidik yaitu mendidik sikap moralnya(afektif dan kognitif), melatih yaitu implementasi(yang melatih keterampilan skomotorik), dan mengajar yang diberikan guru kepada siswanya.  
Dalam proses pembelajaran guru juga harus mempunyai metode sendiri, metode belajar dalam kelas yang lebih enak dan tidak cepat bosan dan mudah dipahami oleh siswa contohnya guru menerangkan tidak hanya fokus pada teori saja setidaknya berikan gambar agar mereka tertarik, kuis, dan belajar kesuatu tempat seperti tempat bersejarah atau museum. Agar lebih mudah menarik minat siswa dalam proses pembelajaran.

Terdapat pertanyaan apa keuntungan dari kurikulum k13, dalam suatu kurikulum tidak ada yang lebih unggul namun kurikulum dapat merubah karakter siswa, yang dari mendengarkan dan mencatat yang diberikan oleh guru saat memakai ktsp tapi disaat memakai k13 siswa tersebut bisa aktif lagi bukan hanya guru yang menerangkan selalu didepan kelas tetapi siswa juga bisa aktif didepan kelas. Disini lebih menyetarakan diantara peran guru dan murid untuk meningkatkan sistem pendidikan yang lebih baik lagi, apalagi teknologi dan zaman semakin maju. Kita tidak boleh ketinggalan zaman dan teknologi kita harus bisa menyesuaikan nya agar lebih maju kedepannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MID TEST TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN(Mis Destina)