MID TEST TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN(Mis Destina)


A take home assignment submitted in partial fulfillment of the requirement for the subject of belajar dan pembelajaran
BERLIAN ARUM SARI
(1688203036)
III.A

jika saya menjadi seorang guru, saya akan menggunakan teori belajar yang baik untuk siswa saya. Dalam proses belajar saya akan menggunakan teori  konstruktivisme yaitu menekankan proses dari pada belajar, yang mengharuskan siswa lebih aktif, hasil belajar sebagai tujuan dinilai penting, tetapi proses yang melibatkan cara dan strategi dalam belajar juga dinilai penting, sebab proses, hasil, cara dan strategi belajar akan mempengaruhi perkembangan pola pikir dan skema berfikir seseorang, teori ini  melatih siswa untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam proses belajar, bukan hanya seorang guru yang menjelaskan dan memberi materi, karena perkembangan zaman semua bisa dicari lewat teknologi dan siswa dapat mencari informasi dengan mudah, maka pendekatan yang saya ambil yaitu student center, dimana siswa menemukan informasi, memecahkan masalah  atau mendapatkan ide-ide baru agar mereka lebih aktif dalam belajar dan tidak hanya  mengetahui tetapi mengingat dan memahami materi yang diberikan.  guru hanya  sebagai fasilitator saja untuk membantu siswa dalam menghadapi masalah yang tidak diketahuinya. Guru harus dituntut menciptakan model pembelajaran yang menarik dan kratif  supaya siswa dapat termotivasi dalam belajar, dan saya akan memilih pembelajaran yang mengaitkan dengan lingkungan sekitar, sehingga siswa dapat mengembangkan pengetahuannya.metode yang saya pakai didalam kelas yaitu diskusi agar siswa lebih aktif dalam berpendapat, tukar fikiran dengan siswa lainnya dan mendapatkan wawasan yang lebih. dalam belajar kita sebagai guru harus bisa mengatasi masalah, seperti siswa yang bosan atau ngantuk saat kita menerangkan, disitulah kita sebagai guru merubah suasana kelas menjadi lebih fresh dan menyenangkan. Kita bisa menggunakan objek gambar atau infocus seperti sekarang ini, agar siswa tidak cepat bosan dalam belajar. Jika tidak kita bisa menghentikan pelajaran sejenak, kita bisa memberikan permainan yang didalamnya ada pembelajaran, atau bisa menampilkan video atau cerita pendek untuk memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Maka guru dapat menjadi motivator siswa yang susah dalam belajar dikelas, supaya mereka lebih giat dalam belajarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini